APESIASI SENI RUPA
Di susun oleh
Kelas XI IIS 1
SADAM RAHMADIANTO
(30)
DEPARTMEN PENDIDIKAN NASIONAL
SMA Negeri 1 Kepanjen
Jl.Jendral Ahmad
Yani 48 Kepanjen
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah
yang berjudul "Apresiasi seni
rupa". Atas dukungan moral dan materi yang diberikan dalam penyusunan
makalah ini, maka penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1. Ibu Vina Ulandari, S.Pd, selaku Guru Pendidikan Seni
kami, yang banyak memberikan materi
pendukung, masukan, dan bimbingan kepada penulis.
2.
Kedua orang tua, ayah dan ibu yang telah
memotivasi dalam penyelesaian Karya Tulis Ilmiah.
3.
Seluruh teman-teman kelas XI IIS 1 SMA NEGERI 1 KEPANJEN yang telah yang telah
banyak memberi semangat dan masukan terhadap penyelesaian tugas ini.
Penulis
menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna. Oleh karena itu, saran dan
kritik yang membangun sangat dibutuhkan
untuk penyempurnaan makalah ini.
Malang, 29 Juli
2013
Sadam Rahmadianto
DAFTAR ISI
Kata Pengantar........................................................................... i
Daftar Isi..................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang ............................................................. 1
1.2 Rumusan
Masalah.......................................................... 1
1.3 Tujuan Penulisan............................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Apresiasi Seni Rupa..................................... 2
2.2 Mengapresiasi Karya Seni Rupa.................................... 2
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan.................................................................... 4
3.2 Saran-saran.................................................................... 4
Daftar
Pustaka..................................................................... 5
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Apresiasi seni rupa adalah kegiatan yang banyak dilakukan di sekitar kita.
Kegiatan tersebut mampu memberikan suatu penghormatan kepada para seniman
karena para pengamat dapat mengamati, merasakan, dan menghormati keberagaman
konsep dan variasi konvensi artistik eksistensi dunia seni rupa.
Namun masih banyak orang yang belum mampu mengapresiasi
karya seni rupa dan menilai karya seni hanyalah suata karya yang tidak jelas
letak keindahannya. Pada makalah ini penulis akan memberikan contoh Apresiasi
karya seni rupa serta penjelasannya yang nantinya dapat membantu pembaca agar
bisa mengapresiasi suatu karya seni rupa dengan baik
1.2
RUMUSAN MASALAH
Bedasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah
dalam analisis ini adalah sebagai berikut :
1.
Apakah
apresiasi seni rupa itu?
2.
Bagaimana cara mengapresiasi karya seni rupa
dengan baik?
1.3
TUJUAN PENULISAN
Menjelaskan pengertian apresiasi seni rupa dan contoh
apresiasi karya sini rupa supaya pembaca dapat mengapresiasi karya seni rupa
dengan baik.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN PUISI
Apresiasi seni rupa adalah aktivitas mengindra karya seni
rupa, merasakan, menikmati, menghayati dan menghargai nilai-nilai keindahan
dalam karya seni serta menghormati keberagaman konsep dan variasi konvensi
artistik eksistensi dunia seni rupa. Secara teoretik menurut Brent G. Wilson
dalam bukunya Evaluation of Learning in Art Education; apresiasi seni memiliki tiga
domain, yakni perasaan (feeling), dalam konteks ini terkait dengan perasaan
keindahan, penilaian (valuing) terkait dengan nilai seni, dan empati
(emphatizing), terkait dengan sikap hormat kepada dunia seni rupa, termasuk
kepada profesi perupa (pelukis, pepatung, pegrafis, pekeramik, pedesain,
pekria, dan lain-lain). karena menyadari peran dan kontribusi para seniman
tersebut bagi masyarakat, bangsa dan negara, atau bagi nilai-nilai kemanusiaan pada
umumnya.
2.2
MENGAPRESIASI KARYA SENI RUPA
Dalam
kegiatan mengapresiasi suatu karya seni rupa pengamat harus mengamati dan
merasakan nilai-nilai keindahannya terlebih dahulu kemudian dapat menilai suatu
karya seni rupa.
Pada Lukisan diatas kita bisa mengamati dan merasakan
keindahan lukisan tersebut. Setelah itu kita bisa menganalisis bagaimana teknik
yang digunakan, apa makna dan apa yang bisa kita rasakan setelah mengamati
lukisan tersebut.
Lukisan
tersebut menggunakan Tenik lukis Plakat. Karena pada lukisan tersebut kita bisa
melihat warna yang tebal dan pekat serta perpaduan warna gelap terang yang
jelas, sehingga menimbulkan efek seperti timbul atau nyata.
Melihat
dari perdauan kemerah-merahan kita dapat mersakan kehangatan dan perasaan
nyaman setelah melihat lukisan tersebut.
Lukisan tersebut tampak seperti kaligrafi yang
dilukis diatas batu karena background dari kaligrafi tersebut tampak seperti
batuan yang nyata. Dan juga batuan yang berarti kaligrafi tersebut dibuat pada
masa kejayaan umat islam dimasa lampau.
Lukisan
tersebuat tampak kasar dan tebal karena menggunakan cat yang minyak yang
teksturnya tebal dan kasar.
Lukisan
tersebut melambangkan kebudayaan masyarakat islam yang biasa menuliskan tulisan
indah yang disebut ‘Kaligrafi’ yang memiliki makna sesuai yang tertulis.
Biasanya kaligrafi diambil dari potongan ayat suci Al-quran yang kemudian
dituliskan pada media lukis. Medianya dapat bermacam macam. Seperti : Kanvas,
kertas, tembok, kulit sapi atau kambing, pelepah pisang dan lain-lain.
Lukisan
tersebut memiliki makna jika dilihat dari kaligrafi yang bertuliskan ‘Fasabbih
bismirabbikal adim’ yang artinya maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama
Tuhanmu yang Maha Besar. Dengan demikian lukisan tersebut mengajak kita untuk
senantiasa mengingat Allah yang maha besar serta bersyukur atas kenikmatan dan
keindahan yang telah diberikannya kepada kita.
Lukisan
tersebut tampak indah karena perdapuan warnanya pas dan tampak seperti nyata
atau tiga dimensi.dan mempunyai makna yang dalam yang dapat menggugah hati kita
untuk senantiasa mengingat kebesaran Allah SWT.
Setelah
menilai lukisan tersebut diharapkan kita dapat memahami dan menikmati dan mengambil makna positif pada karya
tersebut yang mengajak kita untuk berbuat baik dan mengingat Allah SWT serta
kebesarannya.
Dengan mengamati dan menilai lukisan tersebut kita telah
mengapresiasi suatu karya seni rupa. Dengan demikian kita dapat merasakan,
menikmati, menghayati dan menghargai nilai-nilai keindahan dalam karya seni
serta menghormati keberagaman konsep dan variasi konvensi artistik yang telah
dituangkan dalam lukisan tersebut. Itulah yang dimaksud mengapresiasi karya
seni rupa dengan baik.
BAB
III
PENUTUP
3.1
KESIMPULAN
Dengan mengamati dan menilai lukisan tersebut kita telah
mengapresiasi suatu karya seni rupa. Dengan demikian kita dapat merasakan,
menikmati, menghayati dan menghargai nilai-nilai keindahan dalam karya seni
serta menghormati keberagaman konsep dan variasi konvensi artistik yang telah
dituangkan dalam lukisan tersebut. Itulah yang dimaksud mengapresiasi karya
seni rupa dengan baik.
3.2
SARAN-SARAN
Setelah
membaca makalah tersebut diharapkan pembaca dapat mengetahui makna apresiasi
seni rupa dan mampu mengapresiasi karya seni rupa dengan baik.
Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh
dari kesempurnaan. Hal ini disebabkan karena keterbatasan pemikiran dan sumber
yang diperoleh penulis. Oleh karena itu saran dan kritikan dari pembaca sangat
membantu dalam penyempurnaan karya tulis ini.
DAFTAR PUSTAKA
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.2014. Seni Budaya SMA/MA Kelas 11
Semester 1.
Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Musfita, Ana Y., S.Pd Seni
Budaya SMA/MA Kelas 10 Semester 1.
Karanganyar
: PT PRATAMA MITRA AKSARA
http:
//belajarmenjadiblogger.com/2014/07/29/cara membuat makalah yang baik dan
benar/
Refresh lagi kak blognya.. sangat bermanfaat 😄👍
BalasHapussangat bermanfaat, terimakasih
BalasHapussangat bermanfaat kak...terima kasih:)
BalasHapusTerimakasih ka
BalasHapusHadits nya bagus kak,alhamdulillah jadi tambah semangat mengikuti sunnah rasulullah
BalasHapusbagus
BalasHapus